CRF 250 RALLY
Selamat beraktifitas saudara saudari semua, hari ini badan terasa pegal semua karena kemarin sore saya mendapat undangan untuk mencoba CRF250 RALLY. Suatu kehormatan bagi saya yang seorang rider tua boleh mencoba motor muda dengan tenaga besar hehehehe
UNDANGAN UNTUK CLUB
Sewaktu saya diberitahu oleh perwakilan ASTRA GAJAHMADA SEMARANG akan ada launching CRF 250 RALLY saya sangat senang sekali, apalagi saat diberitahu oleh Pak Yusuf dan Pak Isa akan ada sesi test drive, selesai dari ASTRA saya langsung browsing via Google dan membaca di https://www.otomaniac.com/harga-honda-crf-250-rally/ spesifikasinya begitu menggoda dengan suspensi depan yang sangat spesial bagi saya.
Spesifikasi Honda CRF 250 Rally
Mesin | |
Tipe | DOHC, liquid-cooled single-cylinder |
Kapasitas | 249 cc |
Tenaga Maksimal | 18,2Kw / 8.500 rpm |
Torsi Maksimal | 22,6 Nm / 6750 rpm |
Diameter X Langkah | 76mm x 55mm |
Rasio Kompresi | 10 : 7 |
Sistem Kopling | multi-plate hydraulic |
Sistem Bahan Bakar | PGM-FI |
Starter | Electric |
Transmsi | 6 percepatan |
Bodi | |
Dimensi | 2210 mm x 900 mm x 1425 mm |
Berat | 155 kg |
Tinggi Jok | 895 mm |
Wheelbase | 1.445 mm |
Kapasitas tangki | 10.1 liter |
Ground Clearance | 270 mm |
Rangka dan Kaki-Kaki | |
Rangka | twin-spar aluminum chassis |
Suspensi depan | Upside Down 43mm inverted fork |
Suspensi belakang | Pro-Link single shock |
Ban Depan | 21 inci 3.00 |
Ban Belakang | 18 inci 120/80 |
Rem Depan | Floating Wave Disk 256mm with twin-piston caliper |
Rem Belakang | Wave Disk 220mm with single-piston caliper |
Yang jadi masalah bagi saya adalah Ground Clearance 270 mm dimana saya hanya memiliki tinggi 170cm dimana kaki akan melambai lambai tidak menapak ke tanah dengan sempurna walau sudah memakai sepatu cross.
Foto foto dibawah ini menggambarkan begitu nyamannya CRF 250 RALLY melibas jalur off road ringan dengan sangat nyaman untuk pengendaranya
PEMBALAP MOTORCROSS IN ACTION
Saya juga berkesempatan mencoba sebanyak 2 lap pada saat gerimis mulai datang.
Adapun yang saya rasakan adalah sebagai berikut:
KELEBIHAN :
- Suspensi depan sangat istimewa untuk ukuran motor harga 60 jutaan dengan travel yang panjang dan model up side down.
- Bentuk yang sporty dengan aksen lampu depan yang futuristis.
- Bentuk body yang menyerupai motor yang dipergunakan Rally Paris Dakar dimana ada perbedaan dibanding kompetitor.
- Suspensi yang sangat nyaman untuk melakukan off road ringan dan touring di jalan ber aspal yang rusak.
- Ground clearance yang tinggi membuat nyaman saat di medan berat dimana mesin tidak menyangkut di permukaan tanah atau halangan lain.
- Mesin DOHC memberi sensasi yang lembut untuk tarikan awal.
- Adanya box tempat penyimpanan alat seperti obeng, tang, tali dll.
- Adanya tempat pengikat barang bawaan di sisi belakang sehingga dapat membawa tas dengan diikatkan di bagian belakang jog.
- Riding position yang nyaman untuk perjalanan jauh dan jalan aspal yang rusak
- Harga yang masih masuk akal untuk motor CBU
KEKURANGAN :
- Tidak cocok untuk Biker berukuran tinggi kurang dari 175cm karena dijamin kaki tidak bisa menapak dengan sempurna ( saya 170cm + sepatu boot 4cm masih melambai lambai kaki nya hehehehe )
- Suspensi terlalu soft sehingga untuk medan berpasir dan berbatu kecil ban akan kehilangan traksi.
- Tidak cocok untuk trabas dan aliran jalan sesat karena wheelbase yang panjang dan karakter mesin DOHC yang lembut kurang bertenaga untuk lintasan yang extreme.
- Pada saat test ride ban yang dipergunakan terlalu soft mengakibatkan saat turun hujan mengakibatkan tanah liat menempel di roda sulit terlepas sehingga traksi roda ke tanah jauh berkurang
Saat test ride saya melihat penampakan motor trail Honda yang sangat langka di Indonesia
XR250 BAJA
PENAMPAKAN MOTOR LANGKA HONDA
PENAMPAKAN MAHLUK HALUS HE..HE...HE
Demikian ulasan saya dari hasil test ride launching Honda CRF250 Rally semoga bermanfaat bagi yang membacanya, terimakasih kepada ASTRA Gajahmada Semarang yang telah mengundang saya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar