Rabu, 15 Maret 2017

JANGAN ANGGAP REMEH GANTI OLI PADA MESIN DOHC

          Selamat berjumpa lagi, lama saya tidak membuka blog saya karena kesibukan dan sakit yang saya alami, seminggu lalu bengkel saya kedatangan konsumen, adapun perbincangan saya sebagai berikut
S  (Saya)
K (Konsumen)

K. Mas bengkel motor CBR ya?
S.  Iya mas, tapi saya bisa memperbaiki semua motor
K. Motor CBR keponankan saya mogok mas
S.  Silahkan dibawa kesini

( 1 jam kemudian datang motor dengan di dorong.... yang datang bukan CBR tapi CB150R wkwkwkwk ) 

K. Keluhannya mesin mati tidak bisa di starter
S.  Kebetulan bengkel sepi akan saya bongkar mesinnya

Setelah bongkar mesin total selama 1 jam ternyata kerusakan cukup banyak  

1. Cam EX cam holdernya aus
2. Cam IN macet total karena bengkok
3. Rumah kopling hancur karena disisipi kampas kopling tambahan (biar enak tarikannya kata    bengkel sebelumnya)
4. Bearing yang ada di dalam mesin semua macet
5. Balancer sedikit bengkok
6. Stang piston oblak

nb. gambar dibawah setelah saya bersihkan dengan besin + oli menghabiskan 1 1/2 liter hehehe

 Stang piston kendor

 Bearing macet


 Rumah kopling yang cacat



  
Kenapa ini terjadi?

 Saya bertanya kepada yang memiliki motor "Mas ganti olinya berapa lama sekali?"
 Jawabnya dengan polos " 1 1/2 - 2 bulan sekali"

Padahal rumahnya ada di perbatasan Purwodadi sedangkan tempat kerjanya di Semarang dengan jarak tempuh sekitar 100km / hari dengan hitungan 28 sampai 39 hari x 100....kita ambil tengahnya 33x100 yaitu 3.300 km.... sebenarnya oli akan bertahan dengan kilometer tersebut, tapi kebiasaan orang yang disebutkan adalah separo bahkan seperempat dari aselinya.

Kesimpulannya

Rajinlah  melalukan pergantian oli mesin,dengan oli murah pun tidak masalah,saya mencoba oli mesran di motor CBR 150 dengan rute touring ke Bromo pp Semarang tidak mengalami masalah sedikitpun, jadi kesimpulannya perawatan kendaraan adalah yang utama dari kegiatan berkendara kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar