Jumat, 17 Maret 2017

MERASAKAN NIKMATNYA CRF250 RALLY SAAT LAUNCHING DI SEMARANG

 CRF 250 RALLY

Selamat beraktifitas saudara saudari semua, hari ini badan terasa pegal semua karena kemarin sore saya mendapat undangan untuk mencoba CRF250 RALLY. Suatu kehormatan bagi saya yang seorang rider tua boleh mencoba motor muda dengan tenaga besar hehehehe


 UNDANGAN UNTUK CLUB


Sewaktu saya diberitahu oleh  perwakilan ASTRA GAJAHMADA SEMARANG akan ada launching CRF 250 RALLY saya sangat senang sekali, apalagi saat diberitahu oleh Pak Yusuf dan Pak Isa akan ada sesi test drive, selesai dari ASTRA saya langsung browsing via Google dan membaca di  https://www.otomaniac.com/harga-honda-crf-250-rally/ spesifikasinya begitu menggoda dengan suspensi depan yang sangat spesial bagi saya.

Spesifikasi Honda CRF 250 Rally 


Mesin
TipeDOHC, liquid-cooled single-cylinder
Kapasitas249 cc
Tenaga Maksimal18,2Kw / 8.500 rpm
Torsi Maksimal22,6 Nm / 6750 rpm
Diameter X Langkah76mm x 55mm
Rasio Kompresi10 : 7
Sistem Koplingmulti-plate hydraulic
Sistem Bahan BakarPGM-FI
StarterElectric
Transmsi6 percepatan
Bodi
Dimensi2210 mm x 900 mm x 1425 mm
Berat155 kg
Tinggi Jok895 mm
Wheelbase1.445 mm
Kapasitas tangki10.1 liter
Ground Clearance270 mm
Rangka dan Kaki-Kaki
Rangkatwin-spar aluminum chassis
Suspensi depanUpside Down 43mm inverted fork
Suspensi belakangPro-Link single shock
Ban Depan21 inci 3.00
Ban Belakang18 inci 120/80
Rem DepanFloating Wave Disk 256mm with twin-piston caliper
Rem BelakangWave Disk  220mm with single-piston caliper

Yang jadi masalah bagi saya adalah Ground Clearance 270 mm dimana saya hanya memiliki tinggi 170cm dimana kaki akan melambai lambai tidak menapak ke tanah dengan sempurna walau sudah memakai sepatu cross.

Foto foto dibawah ini menggambarkan begitu nyamannya CRF 250 RALLY melibas jalur off road ringan dengan sangat nyaman untuk pengendaranya
 
 











 PEMBALAP MOTORCROSS IN ACTION

Saya juga berkesempatan mencoba sebanyak 2 lap pada saat gerimis mulai datang.
Adapun yang saya rasakan adalah sebagai berikut:

KELEBIHAN :

  1. Suspensi depan sangat istimewa untuk ukuran motor harga 60 jutaan dengan travel yang panjang dan  model up side down.
  2. Bentuk yang sporty dengan aksen lampu depan yang futuristis.
  3. Bentuk body yang menyerupai motor yang dipergunakan Rally Paris Dakar dimana ada perbedaan dibanding kompetitor.
  4. Suspensi yang sangat nyaman untuk melakukan off road ringan dan touring di jalan ber aspal yang rusak.
  5. Ground clearance yang tinggi membuat nyaman saat di medan berat dimana mesin tidak menyangkut di permukaan tanah atau halangan lain.
  6. Mesin DOHC memberi sensasi yang lembut untuk tarikan awal.
  7. Adanya box tempat penyimpanan alat seperti obeng, tang, tali dll.
  8. Adanya tempat pengikat barang bawaan di sisi belakang sehingga dapat membawa tas dengan diikatkan di bagian belakang jog.
  9. Riding position yang nyaman untuk perjalanan jauh dan jalan aspal yang rusak
  10. Harga yang masih masuk akal untuk motor CBU
 KEKURANGAN :
  1. Tidak cocok untuk Biker berukuran tinggi kurang dari 175cm karena dijamin kaki tidak bisa menapak dengan sempurna ( saya 170cm + sepatu boot 4cm masih melambai lambai kaki nya hehehehe )
  2. Suspensi terlalu soft sehingga untuk medan berpasir dan berbatu kecil ban akan kehilangan traksi.
  3. Tidak cocok untuk trabas dan aliran jalan sesat karena wheelbase yang panjang dan karakter mesin DOHC yang lembut kurang bertenaga untuk lintasan yang extreme.
  4. Pada saat test ride ban yang dipergunakan terlalu soft mengakibatkan saat turun hujan mengakibatkan tanah liat menempel di roda sulit terlepas sehingga traksi roda ke tanah jauh berkurang



Saat test ride saya melihat penampakan motor trail Honda yang sangat langka di Indonesia


XR250 BAJA 


 PENAMPAKAN MOTOR LANGKA HONDA

PENAMPAKAN MAHLUK HALUS HE..HE...HE

Demikian ulasan saya dari hasil test ride launching Honda CRF250 Rally semoga bermanfaat bagi yang membacanya, terimakasih kepada ASTRA Gajahmada Semarang yang telah mengundang saya.

Rabu, 15 Maret 2017

JANGAN ANGGAP REMEH GANTI OLI PADA MESIN DOHC

          Selamat berjumpa lagi, lama saya tidak membuka blog saya karena kesibukan dan sakit yang saya alami, seminggu lalu bengkel saya kedatangan konsumen, adapun perbincangan saya sebagai berikut
S  (Saya)
K (Konsumen)

K. Mas bengkel motor CBR ya?
S.  Iya mas, tapi saya bisa memperbaiki semua motor
K. Motor CBR keponankan saya mogok mas
S.  Silahkan dibawa kesini

( 1 jam kemudian datang motor dengan di dorong.... yang datang bukan CBR tapi CB150R wkwkwkwk ) 

K. Keluhannya mesin mati tidak bisa di starter
S.  Kebetulan bengkel sepi akan saya bongkar mesinnya

Setelah bongkar mesin total selama 1 jam ternyata kerusakan cukup banyak  

1. Cam EX cam holdernya aus
2. Cam IN macet total karena bengkok
3. Rumah kopling hancur karena disisipi kampas kopling tambahan (biar enak tarikannya kata    bengkel sebelumnya)
4. Bearing yang ada di dalam mesin semua macet
5. Balancer sedikit bengkok
6. Stang piston oblak

nb. gambar dibawah setelah saya bersihkan dengan besin + oli menghabiskan 1 1/2 liter hehehe

 Stang piston kendor

 Bearing macet


 Rumah kopling yang cacat



  
Kenapa ini terjadi?

 Saya bertanya kepada yang memiliki motor "Mas ganti olinya berapa lama sekali?"
 Jawabnya dengan polos " 1 1/2 - 2 bulan sekali"

Padahal rumahnya ada di perbatasan Purwodadi sedangkan tempat kerjanya di Semarang dengan jarak tempuh sekitar 100km / hari dengan hitungan 28 sampai 39 hari x 100....kita ambil tengahnya 33x100 yaitu 3.300 km.... sebenarnya oli akan bertahan dengan kilometer tersebut, tapi kebiasaan orang yang disebutkan adalah separo bahkan seperempat dari aselinya.

Kesimpulannya

Rajinlah  melalukan pergantian oli mesin,dengan oli murah pun tidak masalah,saya mencoba oli mesran di motor CBR 150 dengan rute touring ke Bromo pp Semarang tidak mengalami masalah sedikitpun, jadi kesimpulannya perawatan kendaraan adalah yang utama dari kegiatan berkendara kita.