Adalah alat untuk mengetahui seberapa besar campuran bahan bakar yang terjadi saat siklus pembakaran di motor yang akan kita test
Penggunaan alat ini di lobang O2 sensor atau di ujung knalpot
Penggunaan akan lebih akurat bila dilakukan di atas mesin dyno untuk mengetahui saat motor berjalan atau digunakan saat berjalan karena dilengkapi dengan memory
Alat yang saya pergunakan adalah LM-2 keluaran Innovate http://www.innovatemotorsports.com/ yang mempergunakan sensor wide band,tidak seperti bawaan motor yang rata rata narrow band
Setting yang baik untuk sepeda motor yang dipergunakan harian adalah di kisaran 13-14 karena diatas itu mesin akan cenderung panas yang mengakibatkan kerusakan komponen di dalam mesin
Penggunaan balap antara 12,5-13,5 tergantung cuaca dan kondisi track dimana ketinggian dari permukaan laut sangat berpengaruh terhadap settingan mesin
Hasil pindaian akan muncul di laya dapat kita setting per 1000 rpm
Hasil dari motor standart dengan spesifikasi euro 2 dan 3 rata rata adalah rentang 14
Uji coba dilakukan dengan pembanding yaitu penambahan openlooper dan fuel controller untuk merubah debit bahan bakar di injector
Tidak ada komentar:
Posting Komentar